Tutorian Mail Merge Office 2010
Apa Itu Mail Merge
Mail Merge merupakan salah satu
fitur yang ada di microsoft yang membantu kita membuat banyak dokumen
berdasarkan 1 template. KIta membutuhkan 1 template dokumen dan 1 database.
Database ini akan berisi data berbeda yang kita butuhkan, kita bisa membuatnya
di exceMail merge sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran
dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi
dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan
membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat.Di sini kita
akan mencoba membuat Mail Merge di Microsoft Word 2010.
Langkah-langkah membuat mail merge
1. Buat dokumen induk
Dokumen induk
kita buat pada Ms. Word, umumya berupa surat, edaran,Kartu Hasil Studi, Rapot
dan lain lain yang dicetak dalam jumlah banyak, namun data induknya sama.
2. Tentukan bagian yang akan dimailing
Bagian yang akan
dimailing adalah bagian dari dokumen induk yang akan dirubah sesuai sesuai
dengan data base ( biasanya nama penerima, nomer induk, nilai, alamat dan lain
lain menyesuaikan jenis dokumenya)
3. Membuat data base
Data base kita
buat dalam ms. Exel dengan header (baris paling atas) sesuai dengan bagian yang
akan dimailing. Data base ini kemudian disimpan dihardisk/flasdisk dengan nama
yang mudah diingat alangkah lebih baiknya menggunakan nama yang sama dengan
dokumen induk.
4. Mulai
Mailling
Kembali
kedokumen induk,kemudian klik tab mailing >>” Select recipient”>> “use exixting list”. Kemudian
buka database yang tadi kita simpan kemudian klik “OK” beberapa kali.
Tempatkan krusor
pada bagian merge 1, kemudian klik “insert merge field” kemudian klik alamat
yang sesuai dengan dokumen induk. Lakukan hal yang sama untuk bagian merge yang
lain. Setelah semua merge di isi, klik “ Preview result”.
5. Mencetak
Setelah di “preview result” akan tampil dokumen dengan data penerima yang bisa
berubah -ubah sesuai data base. Untuk mencetak sama dengan mencetak dokumen
biasa. Untuk pindah ke penerima berikutnya klik “ Next record”
Demikian Cara membuat Mail merge.
Tutorian Video pada https://www.youtube.com/watch?v=1wZshVRWzfU
Komentar
Posting Komentar