Tutorian Mail Merge Office 2010

Apa Itu Mail Merge
Mail Merge merupakan salah satu fitur yang ada di microsoft yang membantu kita membuat banyak dokumen berdasarkan 1 template. KIta membutuhkan 1 template dokumen dan 1 database. Database ini akan berisi data berbeda yang kita butuhkan, kita bisa membuatnya di exceMail merge sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat.Di sini kita akan mencoba membuat Mail Merge di Microsoft Word 2010.

Langkah-langkah membuat mail merge
1. Buat dokumen induk
Dokumen induk kita buat pada Ms. Word, umumya berupa surat, edaran,Kartu Hasil Studi, Rapot dan lain lain yang dicetak dalam jumlah banyak, namun data induknya sama.

2. Tentukan bagian yang akan dimailing
Bagian yang akan dimailing adalah bagian dari dokumen induk yang akan dirubah sesuai sesuai dengan data base ( biasanya nama penerima, nomer induk, nilai, alamat dan lain lain menyesuaikan jenis dokumenya)

3.  Membuat data base
Data base kita buat dalam ms. Exel dengan header (baris paling atas) sesuai dengan bagian yang akan dimailing. Data base ini kemudian disimpan dihardisk/flasdisk dengan nama yang mudah diingat alangkah lebih baiknya menggunakan nama yang sama dengan dokumen induk.







4. Mulai Mailling
Kembali kedokumen induk,kemudian klik tab mailing >>” Select  recipient”>> “use exixting list”. Kemudian buka database yang tadi kita simpan kemudian klik “OK” beberapa kali.








Tempatkan krusor pada bagian merge 1, kemudian klik “insert merge field” kemudian klik alamat yang sesuai dengan dokumen induk. Lakukan hal yang sama untuk bagian merge yang lain. Setelah semua merge di isi, klik “ Preview result”.

5. Mencetak

Setelah di “preview result” akan  tampil dokumen dengan data penerima yang bisa berubah -ubah sesuai data base. Untuk mencetak sama dengan mencetak dokumen biasa. Untuk pindah ke penerima berikutnya klik “ Next record”


Demikian Cara membuat Mail merge.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Audio Video Mobil

SYSTEM KELISTRIKAN BODY