PORTOFOLIO 13

Model Pengajaran Pendidikan Vokasi

1. Pembelajaran Berbasis Pengolahan Informasi

Strategi atau Model-model pembelajaran dalam rumpun ini bertitik tolak dari prinsip-prinsip pengolahan informasi, yaitu yang merujuk pada cara-cara bagaimana manusia untuk memahami dunia ini melalui cara-cara menggali dan mengorganisasi data, mengenali masalah, menyusun konsep, memecahkan masalah, dan menggunakan simbol-simbol atau bahasa untuk mengungkapkannya.

Model pemrosesan informasi ditekankan pada pengambilan, penguasaan, dan pemrosesan informasi. Model ini lebih memfokuskan pada fungsi kognitif peserta didik. Model ini didasari oleh teori belajar kognitif dan berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi yang dapat meningkatkan kemampuannya. Pemrosesan informasi merujuk pada cara mengumpulkan/menerima stimulus dari lingkungan, mengorganisasi data, memecahkan masalah, menemukan konsep, dan menggunakan simbol verbal serta visual.

Model pemrosesan informasi memiliki asumsi bahwa pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan. Perkembangan merupakan hasil kumulatif dari pembelajaran. Dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi yang kemudian diolah sehingga dihasilkan output dalam bentuk hasil belajar. Pembelajaran merupakan output dari pemrosesan informasi yang berupa kecakapan manusia yang terdiri dari:

  •         Informasi verbal;
  •       Kecakapan intelektual;
  •        Strategi kognitif;
  •        Sikap;
  •        Kecakapan motorik.

Ilustrasi 1 : siswa sedang memecahkan permasalahan pada kelistrikan sepeda motor

Beberapa strategi/model pembelajaran dalam rumpun ini berhubungan dengan kemampuan siswa untuk menerima sejumlah konsep, sebagian lagi menitikberatkan pada pembentukan konsep dan pengujian hipotesis, dan sebagiannya lagi memusatkan perhatian pada pengembangan kemampuan berpikir kreatif. Jenis-jenis strategii pembelajaran yang termasuk rumpun pemrosesan informasi ini di antaranya adalah strategi berpikir induktif, strategi latihan inkuari, strategi perkembangan kognitif, dan strategi pencapaian konsep.

2. Pembelajaran Berbasis Aktivitas Personal

Strategi atau Model-model pembelajaran yang termasuk rumpun ini menekankan pada pengembangan pribadi. Model-model ini menekankan proses dalam membangun/mengkonstruksi dan mengorganisasi realita, yang memandang manusia sebagai pembuat makna. Seringkali, strategi atau model-model pembelajaran rumpun ini memberikan banyak perhatian pada kehidupan emosional. Strategi/Model personal beranjak dari pandangan kedirian dari individu. Proses pendidikan sengaja diusahakan untuk memungkinkan kita memahami diri sendiri dengan baik sehingga fokus pembelajaran ditekankan untuk membantu individu dalam mengembangkan hubungan produktif dengan lingkungannya dan untuk melihat dirinya sendiri. Yang termasuk rumpun strategi ini adalah pengajaran non direktif, latihan kesadaran, sinektik, sistem konseptual, dan pertemuan kelas.


Ilustrasi 2 : siswa sedang mencari spesifikasi kendaraan bermotor secara mandiri

3. Pembelajaran Berbasis Interaksi Sosial

Strategi atau model-model ini menekankan hubungan individu dengan masyarakat atau orang lain. Strategi atau model-model ini memfokuskan pada proses dimana realitas adalah negosiasi sosial. Strategi/Model-model pembelajaran kelompok ini  memberikan prioritas pada peningkatan kemampuan individu untuk berhubungan dengan orang lain untuk meningkatkan proses demokratis, dan untuk belajar dalam masyarakat secara produktif. Tokoh-tokoh teori sosial juga peduli dengan pengembangan pikiran (mind)  diri sebagai pribadi dan materi keakademisan. Contoh strategi pembelajaran yang termasuk rumpun ini adalah Investigasi kelom-pok. (investi-gation group), Inkuari Sosial, Jurisprudential, Role playing (Bermain peran), dan Simulasi Sosial

 

Ilustrasi 3 : siswa sedang bermain peran dalam pelajaran Sejarah Indonesia

4. Pembelajaran Berbasis Sistem Perilaku

 

Semua strategi atau model pembelajaran rumpun ini didasarkan pada suatu pengetahuan yang mengacu pada teori perilaku, seperti teori belajar, teori belajar sosial, modifikasi perilaku, atau perilaku terapi. Strategi/Model- model pembelajaran rumpun ini mementingkan penciptaan lingkungan belajar yang memungkinkan manipulasi penguatan perilaku secara efektif sehingga terbentuk pola perilaku yang dikehendaki. Contoh strategi yang termasuk rumpun ini adalah self Control, Relaksasi, Stress Reduction, ((pengurangan stres), Assertive Training, ((Latihan  berekspresi)


Ilustrasi 4 : Pembinaan kedisiplinan bersama prajurit TNI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Audio Video Mobil

SYSTEM KELISTRIKAN BODY